Standar Kompetensi & Kompetensi Dasar B. Indonesia SMP
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
- peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
- guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar
- guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
- orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
- sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Mendengarkan
Standar Kompetensi
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi Dasar
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Berbicara
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi Dasar
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
Membaca
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Menulis
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
Kompetensi Dasar
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
Mendengarkan
Standar Kompetensi
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
Berbicara
Standar Kompetensi
6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi Dasar
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
Membaca
Standar Kompetensi
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
Kompetensi Dasar
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Menulis
Standar Kompetensi
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi dasar
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
Kelas VII, Semester 2
Mendengarkan
Standar Kompetensi
9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara
Kompetensi Dasar
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
Berbicara
Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
Kompetensi Dasar
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Membaca
Standar Kompetensi
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
Kompetensi Dasar
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
Menulis
Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
Kompetensi Dasar
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
Mendengarkan
Standar Kompetensi
13. Memahami pembacaan puisi
Kompetensi Dasar
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
Berbicara
Standar Kompetensi
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
Kompetensi Dasar
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
Membaca
Standar Kompetensi
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
Kompetensi Dasar
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
Menulis
Standar Kompetensi
16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
Kompetensi Dasar
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
Kelas VIII, Semester 1
Mendengarkan
Standar Kompetensi
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi Dasar
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
Berbicara
Standar Kompetensi
2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Kompetensi Dasar
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
Membaca
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Menulis
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
Kompetensi Dasar
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Mendengarkan
Standar Kompetensi
5. Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
Berbicara
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
Kompetensi Dasar
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
6.2Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
Membaca
Standar Kompetensi
7. Memahami teks drama dan novel remaja
Kompetensi Dasar
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
Kompetensi Dasar
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Kelas VIII, Semester 2
Mendengarkan
Standar Kompetensi
9. Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi
Berbicara
Standar Kompetensi
10. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
Membaca
Standar Kompetensi
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis
Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
Kompetensi Dasar
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
Mendengarkan
Standar Kompetensi
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Kompetensi Dasar
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Berbicara
Standar Kompetensi
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
Kompetensi Dasar
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
Standar Kompetensi
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
Kompetensi Dasar
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
Menulis
Standar Kompetensi
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi Dasar
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
Kelas IX, Semester 1
Mendengarkan
Standar Kompetensi
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Kompetensi Dasar
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio 1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Berbicara
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
Kompetensi Dasar
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Membaca
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
Kompetensi Dasar
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
Menulis
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
Kompetensi Dasar
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
4.2 Meresensi buku pengetahuan
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
Mendengarkan
Standar Kompetensi
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair
Kompetensi Dasar
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
Berbicara
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain
Kompetensi Dasar
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan suasana/irama yang dibangun
Membaca
Standar Kompetensi
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
Kompetensi Dasar
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Menulis
Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
Kompetensi Dasar
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Kelas IX, Semester 2
Mendengarkan
Standar Kompetensi
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
Kompetensi Dasar
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
9.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
Berbicara
Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
Membaca
Standar Kompetensi
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
Kompetensi Dasar
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 200 kata per menit
Menulis
Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
Kompetensi Dasar
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
Mendengarkan
Standar Kompetensi
13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
Kompetensi Dasar
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan
Berbicara
Standar Kompetensi
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar
14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa
14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa
Membaca
Standar Kompetensi
15. Memahami novel dari berbagai angkatan
Kompetensi Dasar
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
Menulis
Standar Kompetensi
16. Menulis naskah drama
Kompetensi Dasar
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
3 komentar:
SIP
LENGKAP BANGET BOZ TQ YA
makasi...
makasih banyak gan
Posting Komentar